BerandaKontak Kami ••• Kamis, 24 Juli 2014

Renstra Sekretariat

  •  

     

     

    RENCANA  STRATEGI ( RENSTRA)

           PERIODE/ TAHUN ANGGARAN 2012-2016

     

     

     

     

     
       

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    SEKRETARIAT

    DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

    KABUPATEN BOMBANA

    2011

     

     

    BAB 1.  PENDAHULUAN

     

    1.1       Latar  Belakang

               Pemerintah Daerah memiliki kewenangan dalam mengatur urusan rumah tangga daerahnya sendiri sesuai dengan corak, sifat dan aspirasi Daerah serta masyarakat. Sebagaimana yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang memberikan kesempatan bagi Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menurut asas Otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

                Undang-undang Nomor 29 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bombana, Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Kolaka Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara ( Lembaran Negara Indonesia tahun 2003 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437 ), memberikan kesempatan kepada  Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana untuk merencanakan, malaksanakan, mengambil keputusan mengenai rencanba strategi kebijakan, program pembangunan daerahnya, dan mengemban amanat yang diberikan oleh pemerintah pusat.

                Hal ini seiring pula dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, pemerintah daerah dituntut untuk melaksanakan perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek yang memberikan arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, arah kebijakan umum dan program pembangunan daerahnya. Untuk menjaga kesinambungan pembangunan daerah tersebut, keberadaan perangkat daerah sebagai unsure pembantu Kepala Daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah sangat penting untuk keberhasilan pemerintahan dan pembangunan daerah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bombana Nomor 7 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bombana, yang mana di dalamnya juga termasuk keberadaan Sekretariat DPRD bukan lembaga politik melainkan institusi tersendiri yang secara organisasi merupakan organisasi Pemerintah kabupaten yang menjalankan fungsi pelayanan kepada DPRD.

     

    Dalam kaitanya dengan sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan maka Renstra Sekretariat ini merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja dalam lingkungan Sekretariat. Oleh karena posisinya sebagai bagian dari perangkat Daerah maka Renstra  Sekretariat DPRD tidak terlepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bombana yang nantinya digunakan sebagai Pedoman dalam menyusun Rencana kerja dan Pedoman alokasi anggaran di setiap  Bagian dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan (2012 - 2016).

     

    1.2       Maksud dan Tujuan

    a)   Maksud

         Sebagai wujud dukungan system administrasi yang mampu menjamin kelancaran, keserasian, keselarasan dan keterpaduan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah yang makin handal, profesional, efisien, efektif serta tanggap terhadap aspirasi pihak-pihak yang dilayani (stakeholder) dan dinamika perubahan lingkungan strategis.

    b)   Tujuan

    1. Sebagai alat umpan balik (feedback) dan kesepakatan bersama yang dapat digunakan manajemen untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pertanggung jawaban atas keberhasilan/kegagalan pelaksanaan visi misi. Untuk mewujudkan keberhasilan pelayanan sangat tergantung pada partisipasi aktif seluruh masyarakat, adanya komitmen, semangat, tekad, kemauan, kemampuan dan etos kerja tinggi yang ditunjukan melalui kesungguhan, kejujuran, keterbukaan dalam melaksanakan berbagai bentuk program dan kegiatan yang telah dirumuskansehingga hasil-hasil pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat sebagai wujud peningkatan kesejahteraan.
    2. Menuntun cara kerja sehingga Sekretariat DPRD dapat memprediksi, bahkan diharapkan ikut mewarnai perubahan yang akan terjadi. Namun demikian, bukan berarti Rencana Strategis ini bersifat dogmatis, kaku dan tidak dapat diubah, melainkan bersifat fleksibel dan adsaftif menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan strategis.
    3. Merupakan pedoman dalam menentukan skala prioritas dan mengatur arah perkembangan organisasinya untuk meraih keberhasilan, khususnya lima tahun kedepan (2012-2016).

    1.3       Landasan Hukum

                Adapun yang menjadi landasan penyusunan Rencana Strategis Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana tahun 2012-2016 antara lain :

    1. TAP MPR RI nomor XI/1998 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Koropsi, Kolusi dan Napotisme;
    2. Undang–Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 75, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 3851);
    3. Undang-undang Nomor 29 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bombana, Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Kolaka Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara ( Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437);
    4. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan anggota DPRD ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 90, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4416) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2005 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan  dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah              ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 94, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4540).
    5. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional ( Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104, Tambahan Lembaga Republik Indonesia Nomor 4421);
    6. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004  Pemerintahan Daerah (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 4437), sebagaimana telah di ubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 ( Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia nomor 4844);
    7. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 4438);
    8. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Propinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 4737)
    9. Peraturan pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 4741); 8. Intruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
    1. Peraturan Pemerintah Nomor 08 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah ;
    2. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 22, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5104);
      1. Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bombana  Nomor 07 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja perangkat daerah Kabupaten Bombana
    1. Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008

     

    1.4.      Kedudukan dan Peranan Renstra Dalam Perencanaan Daerah

          Perancanaan Strategis (Renstra) Sekretariat DPRD berkedudukan sebagai Rencana  induk (Master Plan ) yang komprehensif dalam melaksanakan kebijakan, program dan kegiatan dalam kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) Tahun (2011–2016). Sedangkan peran Renstra adalah :

    1. Menjabarkan visi dan misi Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana melalui kebijakan, Program dan kegiatan.
    2. Menguraikan deskripsi daftar program secara sistematis yang selanjutnya akan di formulasikan dan diimplementasikan dalam berbagai kebijakan program dan kegiatan
    3. Merupakan instrumen dan rujukan penilaian kinerja (performance) Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana dalam Pelaksanaan Program dan Kegiatan berdasarkan tugas, fungsi dan kewenangan yang telah di tetapkan.

    1.5.      Sistematika Penulisan

    Rencana Strategis Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana tahun (2012 - 2016) disusun dengan sistematika sebagai Berikut :

     Bab. I. Pendahuluan

    Bab ini di uraiakan tentang : latar belakang, maksud dan tujuan, landasan hukum, Kedudukan dan Peranan Renstra dalam perencanaan Daerah dan Sistematika Penulisan.

    Bab. II. Tugas Pokok dan Fungsi

    Bab ini diuraikan tentang : Struktur Organisasi, Susunan kegewaian dan kelengkapannya, Tugas pokok dan Fungsi ( tupoksi ) dan sistem prosedur mekanisme.

    Bab.III. Profil Kinerja Pelayanan

    Bab ini diuraikan tentang : kinerja Pelayanan Perencanaan,  kelemahan dan kekuatan internal, peluang dan tantangan eksternal, rumusan permasalahan strategis, rumusan perubahan kecenderungan masa depan yang berpegaruh, Rumusan Perubahan Internal  dan Eksternal yang perlu dilakukan.

    Bab. IV.  Visi, Misi,Tujuan, Strategis dan Kebijakan   

                  Bab ini diuraikan tentang : Visi,misi,tujuan,strategi dan Kebijakan.

    Bab.V.  Program Pelayanan Sekretariat DPRD

      Bab ini diuraikan tentang: Program,  Program Lintas kewilayahan, pagu       indikatif dan indikasi sumber pendanaan.

    Bab.VI.  Penutup

    Bab ini diuraikan  tentang : kesimpulan- kesimpulan dari seluruh  Pembahasan dari Bab-bab  sebelumnya.

     

    BAB 2. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

     

    2.1       Struktur Organisasi

                Sebagaimana organisasi Birokrasi pada umumnya struktur organisasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bombana  menjelaskan bagaimana tugas kerja akan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal tugas operasional rutin yang harus dicapai melalui spesialisasi peraturan dan perundang-undangan yang sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bombana  Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata kerja perangkat daerah Kabupaten Bombana sebagai berikut :    

     

           
     

    PIMPINAN

    DPRD

     
       

    SEKRETARIS

    DAERAH

     
     

     

     

    SEKRETARIS

    DEWAN

     
    KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     
       

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Berdasarkan struktur tersebut diatas dapat dilihat bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana terdiri atas 3 bagian dan 6 sub bagian yaitu :

    1. Bagian Umum
    • Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian
    • Sub Bagian Rumah Tangga, Perlengkapan dan Protokoler

     

    1. Bagian Keuangan
    • Sub Bagian Anggaran dan Pembiayaan
    •  Sub Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan
    1. Bagian Persidangan
    • Sub Bagian Rapat dan Risalah
    • Sub Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi

     

    2.2                   Susunan Kepegawaian dan Kelengkapanya

                            Dalam rangka peningkatan kinerja (performance) Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana khususnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya ,tidak dapat dipisahkan dari aspek  kuantitatif maupun kualitatif berdasarkan analisis kebutuhan, bobot dan peran serta tanggung jawab yang diemban Sekretariat DPRD, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu penentu untuk mewujudkan keberhasilan tersebut.

                Untuk  itu Sekretariat DPRD Bombana memberi gambaran keadaan Sumber Daya Manusia (PNS) sesuai dengan tingkat kualifikasi disiplin ilmu dan  jenjang pendidikan sebagai berikut :

     

    Table. 2.2.1 Susunan Pegawai Negeri Sipil ( PNS) Sekretariat DPRD

     Kabupaten Bombana Tahun 2011

     

    No

     

    Nama/ NIP

    Pangkat

    /Gol.

    Jabatan

    Pendidikan Formal

    1

    2

    3

    4

    5

    1

     

     

     

    2

     

     

    3

     

     

     

    4

     

     

    5

     

     

     

    6

     

     

     

     

    7

     

     

    8

     

     

     

     

    9

     

     

     

     

    10

     

    11

     

     

    12

     

     

    13

     

     

    14

     

     

    15

     

     

    16

     

     

    17

     

    18

     

     

    19

     

     

    20

     

     

    21

     

     

    22

     

     

    23

     

     

    24

     

     

    25

     

     

    26

     

     

    27

     

     

    28

     

    29

     

     

     

    30

     

     

    31

     

     

    32

    Drs. Basiran

    NIP.1969122 199 01 1001

     

     

    Andi Baso, SE

    NIP. 19661231 199503 1 029

     

    Haslinda, S.Pd

    NIP. 19631231198601 2030

     

     

    Djuraedin.S. S,Ag

    NIP. 19551231 198112 1 027

     

    Husnayaeni, SE

    NIP. 19661231199302 2007

     

     

    Andi Agussaling, SP. M.Si

    NIP. 590 030 77

     

     

     

    Abd. Asis, SH

    NIP.19620921 198403 1006

     

    Jamilun, S.Ag

    NIP. 590 010 036

     

     

     

    Andi Asis, SH

    NIP.19650401199103 1 009

     

     

     

    -

     

    Irwan Genda, SP

    NIP.19800626200801 1 007

     

    Ilham, A.mt

    NIP.19761231200604 1 037

     

    Agustrisno

    NIP.19750822200604 1 014

     

    Muh. Yunus

    NIP.19781231 200701 1027

     

    Andi Nurhana

    NIP.19740303 200701 2081

     

    Daud La Bonu

    NIP.19681231200701 1 182

     

    Salmon

    NIP.19671231200701 1 195

    Sri Patonah NIP.19780127200801 2 006

     

    Nurlina Muslimin

    NIP.19780913200801 2 014

     

    Ahmad

    NIP.19721231200701 1 115

     

    Rosna

    NIP.19800102 200801 2017

     

    Marwiah, A.Md

    NIP.19820228 200901 2009

     

    Andi Husmail

    NIP.19820711200901 1 001

     

    Masriadi, S.ip

    NIP.19820710 200901 1001

     

    Gusliani

    NIP.19820522200901 2 002

     

    Siti Rahmawati

    NIP.19840708200901 2 002

     

    Nur Arfitawati

    NIP.19861111201001 2002

     

    Surianti

    NIP.198304232010012 004

    Fadlan

    NIP.19860727201001 2 003

     

     

    Masni

    NIP.19840502201001 2 006

     

    M. Yusuf

    NIP.198604 201001 1 003

     

    Musiana

    NIP.19850617 201001 2036

    Pembina Tk.I

    Gol. IV/b

     

     

    Penanta Tk.I

    Gol. III/d

     

    Pembina

    Gol IV/a

     

     

    Pembina Tk.I

    Gol. IV/a

     

    Penata Tk.I

    Gol. III/d

     

     

    Penata Muda Tk I, Gol.III/b

     

     

     

    Penata Gol.III/c

     

     

    Penata  Gol.III/c

     

     

     

     

    Penata Muda Gol.III/c

     

     

     

    -

     

    Penata Muda Gol.III/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/b

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol.II/b

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/b

     

    Pengatur

    Muda, Gol. II/a

    Pengatur Muda, Gol. III/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/c

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Penata Muda, Gol. III/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Penata Muda, Gol. III/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol.II/a

    Pengatur Muda, Gol.II/a

     

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

     

    Pengatur Muda, Gol. II/a

    Sekretaris DPRD Kab. Bombana

     

    Kabag Umum

     

     

    Kabag Keuangan dan Aparatur

     

    Kabag Persidangan

     

    Subag Tata Usaha dan Kepegawaian

     

    Subag Rumah Tangga, Perlengkapan dan Protokoler

     

    Subag Anggaran dan Pembiayaan

    Subag Penyusunan Program dan Pelaporan

    Subag Perundang-undangan dan dokumentasi

     

    Subag Rapat dan Risalah

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Bendahara

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

    Staf

     

     

    Staf 

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

    Staf

     

     

     

    Staf

     

     

    Staf

     

     

    Staf

    Strata Satu ( S1)

    Pemerintahan

     

     

    Strata Satu ( S1)

    Ekonomi Manajemen

    Strata Satu ( S1)

    Pendidikan

     

     

    Strata Satu ( S1)

    Pendidikan

     

    Strata Satu ( S1)

    Ekonomi Pembangunan

     

     

    Strata Satu ( S1)

    Pertanian

     

     

     

    Strata Satu ( S1)

    Hukum

    Strata Satu ( S1)

    Agama Islam

     

     

     

    Strata Satu ( S1)

    Hukum

     

     

     

    -

     

    Strata Satu ( S1)

    Pertanian

     

    Diploma

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

     

    SMU

     

    SMU

     

     

    Diploma II

     

     

    SMU

     

     

    Strata Satu ( S1)

     


    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

    SMU

     

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

     

    SMU

     

                                                                Sumber Data : Bagian Umum, September 2011

                Berdasarkan data diatas dapat diketahui bahwa jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana Tahun 2011 adalah sebanyak 31 (Tiga Puluh Satu) orang. Jumlah tersebut diatas dilihat secara kuantitas sudah cukup, namun belum dapat dikatakan memenuhi kebutuhan secara real dibandingkan dengan tuntutan beban tugas dan fungsi yang diemban Sekretariat DPRD. Hal ini dapat terlihat dari jumlah Eselon IV yang belum terisi secara keseluruhan masih 1 (satu) Eselon dari 6 ( enam) sub bagian yang ada. Dengan dasar itu Sekretaris DPRD Kabupaten Bombana melakukan kebijakan  :

    1. Mengisi kekosongan 1 ( satu) Eselon
    2. Merekrut tenaga honorer PHTT yang punya keterampilan dan keahllian khusus sesuai kebutuhan
    3. Melakukan pembinaan pada PNS yang sudah ada, tetapi belum terampil dan ahli dibidangnya.

                   Adapun kondisi kelengkapan sarana dan prasarana kerja yang ada dan dimiliki oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana yang di peroleh dari Bagian Umum, Maret 2011, dapat dilihat pada tabel dibawah ini :  

     

     

    Tabel 2.2.2

    Data Sarana dan Prasarana Sekretariat DPRD Kab. Bombana

     

    No

    Jenis / Nama Barang

            Jumlah                                Keadaan

    Buah / Merk/Type

    Baik

    Sedang

    Rusak

    1

    Gedung DPRD

    1 Beton,luas tanah

     bangunan 4,695 mº

    1

    -

    -

    2

    Mini Bus

    1 Inova

    1

    -

    -

    3

    Pick  Up

    1 Toyota

    1

    -

    -

    4

    Sepeda motor

    2 Yamaha

    10 Honda

    12

    -

    -

    5

    Komputer

    4 PC unit

    4

    -

    -

    6

    Printer

    13 HP deskjet ( 3774,F 1900, D1360)

    7

    -

    -

    7

    Flash disk

    2 Kingston

    2

    -

    -

    8

    UPS

    8 (Nexus , Simbada 600 A

    5

    -

    3

    9

    Televisi

    10 ( sharp & Panasonik )

    10

    -

    -

    10

    Indovision

    1 Humax

    1

    -

    -

    11

    Ac Central

    2 Chagon

    2

    -

    -

    12

    Camera digital

    4 Samsung

    4

    -

    -

    13

    Handycam

    4 ( Panasonik )

    4

    -

    -

    14

    Tape Recorder

    3 Safa

    3

    -

    -

    15

    Bel ruangan

    2 Heler

    2

    -

    1

    16

    dispencer

    4 Nasional, 2 Kristal

    3

    -

    3

    17

    Kipas angin

    2 Maspion

    2

    -

    -

    18

    Filling kabinet

    3 Brother

    3

    -

    -

    19

    laptop

    12 Axio,Thosiba )

    -

    -

    12

    20

    Umbul - umbul

    10 Exlokal

    10

    -

    -

    21

    Mesin genset

    1 Jiandong – 800 w

    1

    -

    -

    22

    Kursi tamu

    2 Ex Lokal

    -

    2

    1

    23

    Kursi biasa

    26 Futura

    -

    -

    -

    24

    Jam dinding

    1 Maskot, 1 Delta

    2

    -

    26

    25

    Tiang bendera

    2 Ex Lokal

    2

    -

    -

    26

    Palu sidang & Kontak

    1 Ex Lokal

    1

    -

    -

    27

    Rempel Bendera Putih

    2 Ex lokal

    -

    2

    -

    28

    Ac split

    8 (Panasonik,LG)

    -

    8

    -

    29

    Meja Panjang

     

    1 Ex Lokal

    1

    -

    -

    30

    Meja Tanda Tangan

    1 Ex Lokal

    1

    -

    -

    31

    Kursi Plastik

    40 Napoly

    40

    -

    -

    32

    Meja Kerja Pejabat

    3 Ex lokal

    3

    -

    -

    33

    Meja rapat Pimpinan & Anggota

    23 Ex Lokal

    23

    -

    -

    34

    Meja ½ Biro

    8 Ex Lokal

    8

    -

    -

    35

    Kursi Biro

    5 Ex Lokal

    5

    -

    -

    36

    Mesin Ketik Manual

    6 ( Border,Remington-150

    3

    -

    3

    37

    Mesin Hitung Manual

    1 casio

     

    -

    -

    38

    Papan Informasi

    2 Ex lokal

    2

    -

    -

    39

    White Board

    1 Ex Lokal

    1

    -

    -

    40

    Overhead Proyektor

    1 Unit Thosiba

    1

     

    -

    41

    Elektone

    1 Unit Yamaha

    1

    -

    -

    42

    Kursi Rapat Paripurna

    35 Ex lokal

    35

    -

    -

    43

    Mic.Conference Meja

    10 Kretz MC-88DC

    10

    -

    -

    44

    Sofa

    1

    -

    1

    -

    45

    Gambar Presiden, wakil Presiden & lambang Garuda

    33 Ex Lokal

    13

    -

    20

    46

    Gorden / Taplak Meja

    1 Set/Ex lokal

    13

    -

    -

    47

    Lemari Buku

    5 Olimpic

    5

    -

    -

    48

    Lemari Arsip

    7 Brother

    7

    -

    -

    49

    Le mari Kayu

    Agenda

    Rapat Paripurna

    Rabu, 16 Mei 2012

    Rapat Kerja Gabungan Komisi

    Senin, 21 Mei 2012

    Rapat Masing-Masing Fraksi

    Selasa, 22 Mei 2012

    Rapat Gabungan Komisi

    Rabu, 23 Mei 2012

    Pengunjung Website :

    1 Online

    9 Hari ini

    8 Kemaren

    41 Minggu ini

    302 Bulan ini

    1314 Tahun ini