BerandaKontak Kami ••• Jum'at, 1 Agustus 2014

Renja Sekretariat

  • RENCANA KERJA

    SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH  (SKPD)

    SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BOMBANA

    TAHUN ANGGARAN 2012

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    SEKRETARIAT DPRD

    KABUPATEN BOMBANA

    2 0 1 1

     

     

     

     

    KATA PENGANTAR

     

    Puji dan Syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas rahmat dan karunianya yang masih memberikan kita kesehatan dan kekuatan lahir dan batin sehingga Penyusunan Rencana Kerja (RENJA) – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana Tahun 2012 dapat diselesaikan meskipun masih banyak kekurangan-kekurangan didalamnya.

    Rencana Kerja ini disusun sebagai salah satu kelengkapan yang harus dipenuhi dalam kerangka perwujudan sistem perencanaan yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel sehingga nantinya dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan keseluruhan kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana guna meningkatkan kinerja organisasi dan sebagai pedoman didalam pembuatan Laporan Akuntabiltas Kinerja (LAKIP)  dibuat berdasarkan Tupoksi yang ada pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana.

    Guna Memperlancar Pembangunan dan Pelayanan Publik maka Perlu meningkatkan pelayanan Administrasi secara optimal dan Profesional kepada Legislatif, meningkatkan kwalitas Aparatur, memupuk kerjasama antar instansi terkait, sehingga dapat terwujud tertib administrasi, secara efektif dan efisien  serta penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN sebagai dambaan masyarakat.

    Akhirnya Ucapan Terima Kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah turut membantu dalam penyusunan RENJA – SKPD ini khususnya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bombana sehingga Rencana Kerja (RENJA) Satuan Kerja Perangkat Daerah ini dapat di selesaikan dengan baik, semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam menjalankan aktifitas sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Amiin.

    Terima Kasih.

     

     

    Rumbia,      Maret 2011

    SEKRETARIS DPRD

    KABUPATEN BOMBANA

     

     

     

     

    Drs. B A S I R A N

    Pembina  IV/a

    NIP. 19691228 199101 1 001

     
    DAFTAR ISI

     

    KATA PENGANTAR..............................................................................     

    DAFTAR ISI........................................................................................     

    BAB   I.     PENDAHULUAN .................................................................     

    BAB II.     VISI, MISI, TUJUAN. STRATEGI DAN KEBIJAKAN UMUM..........     

    1. VISI   ……………………………………………………………………………          
    2. MISI ..............................................................................
    3. TUJUAN .........................................................................
    4. STRATEGI.......................................................................
    5. KEBIJAKAN UMUM SKPD...................................................
    6. Kondisi Umum.................................................................    
    7. Program operasional .......................................................     
    8. Kegiatan ........................................................................     

    BAB III.  PROGRAM DAN KEGIATAN SEKRETARIAT DPRD

    BAB IV.    PENUTUP............................................................................     

     


    BAB  I

    PENDAHULUAN

     

    Kebijakan pemerintah dalam merasionalkan pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah melalui perubahan penyelenggaraan pemerintahan dari sistim sentralistik menjadi desentralisasi telah berimplikasi sangat luas terhadap bentuk penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan  pada setiap daerah kabupaten/kota sebagai wilayah yang memiliki kewenangan otonomi.  Oleh sebab itu kemampuan dalam menggerakan seluruh potensi sumberdaya yang ada pada setiap daerah akan menjadi faktor kunci sukses dalam menyelenggarakan otonomi daerah secara nyata dan bertanggungjawab.

    Telah menjadi kewajiban setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus mampu mengembangkan langkah – langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan.  Sejalan dengan arah tersebut Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana dituntut untuk memberikan pelayanan (administrasi) kepada anggota DPRD sebagai perwakilan masyarakat sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

    Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana adalah unsur pelayanan (adminidtrasi) terhadap DPRD Kabupaten Bombana yang mempunyai tugas dan fungsi sesuai dengan Keputusan Bupati Bombana Nomor   Tahun      yaitu :

    1. Memberikan pelanyanan Administrasi pada Anggota DPRD Kabupaten Bombana
    2. Melaksanakan kegiatan dalam rangka penyelenggaraan sidang-sidang.
    3. Melaksanakan urusan Rumah Tangga dan Keuangan
    4. Melaksanakan Pengelolaan Tata Usaha DPRD Kabupaten.

    Untuk kelancaran tugas dan fungsi tersebut perlu membuat suatu Rencana Kerja - Satuan Kerja ( RENJA – SKPD ) sebagai Acuan Tahun Anggaran 2010 yang mengarah kepada Good Governance dimana implemantasi dari seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah berdasarkan prinsip akuntable, transparansi, efektif dan efisinesi partisifatif dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan efaluasi monitoring sehingga setiap kegiatan mempunyai sasaran dan tolak ukur dan indikator  yang jelas dan dapat diukur untuk menentukan tingkat capaian kinerja bagi masing-masing kegiatan.

    Oleh karena itu penyusunan program kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana berorientasi pada upaya peningkatan pelayanan terhadap anggota DPRD secara konprehensif dengan menekankan  pada skala prioritas dan bermanfaat bagi kelancaran pelayanan kepada masyarakat secara umum, disamping itu akan semakin meningkatkan pola hubungan yang harmonis, yang seimbang dan setara antara lembaga Eksekutif dan Lembaga Legislatif melalui mekanisme-mekanisme.

     

     

     

     

    BAB. II

    VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN UMUM

     

     

    1. V i s i

    Perumusan Visi Organisasi melalui proses interaksi yang memberi peluang untuk mendapatkan umpan balik dari semua pihak, sehingga dalam perumusannya diharapkan efektif, hidup, menantang dan menghargai prestasi masa lampau, adapun Visi Sekretariat DPRD Kabuapten Bombana dirumuskan sebagai berikut :

     “Menjadikan Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana sebagai tempat perwakilan masyarakat yang terbaik bagi kepentingan umum”

     

    1. B.   M i s i
      1. Memberikan pelayanan prima secara umum
      2. Peningkatan Kualitas Aparatur Sekretariat DPRD
        1. Meningkatkan Sarana dan Prasarana DPRD
        2. Mewujudkan Tertib Administrasi
        3. Meningkatkan Kerja Sama Antar Instansi Terkait

     

    1. TUJUAN
      1. Memberikan Pelayanan yang Prima Kepada Pimpinan dan anggota DPRD
      2. Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional

     

    1. D.   STRATEGI
      1. Meningkatkan kinerja sekretariat DPRD
      2. Penyediaan Sarana dan Prasarana yang Memadai
      3. Memantapkan Koordinasi Antar Instansi Terkait
      4. E.   KEBIJAKAN UMUM SKPD
        1. Pemberdayaan Anggota DPRD melalui perencnaan, pengelolaan, penelaahan dan koordinasi perumusan kebijakan DPRD demi terwujudnya mitra sejajar antara Eksekutif dan legislatif
        2. Pemberdayaan struktur organisasi  Sekretariat DPRD sesuai tugas pokok dan fungsi masing – masing dalam menunjang kegiatan DPRD.
        3. Peningkatan kualitas SDM Pegawai Sekretariat DPRD melalui pendidikan formal/non formal sesuai bidang tugas masing-masing.
        4. Optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang ada
        5. Penegakan disiplin/peningkatan kesehjatraan bagi Pegawai Sekretariat DPRD.


    BAB  III

     PROGRAM DAN KEGIATAN

    SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BOMBANA

    A.  Kondisi Umum

    Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bombana Nomor 07  Tahun 2012 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bombana, Struktur Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana sebagai berikut :

    1. Ketua DPRD
      1. Sekretaris DPRD
      2. Kepala Bagian Umum
      3. Kepala Bagian Persidangan
      4. Kepala Bagian Keuangan
      5. Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian
      6. Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan
      7. Sub Bagian Anggaran dan Pembiayaan
      8. Sub Bagian Pelaporan

    10. Sub Bagian Rapat dan Risalah

    11. Sub Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi

     

    B.  Program Operasional

    Program yang akan dilaksanakan Tahun 2012 oleh sekretariat DPRD Kabupaten Bombana dapat dikemukakan sebagai berikut :

    1. Peningkatan Kapasitas Anggota DPRD dalam hubungan fungsi Legislatif.
    2. Peningkatan kapasitas Anggota DPRD dibidang Keuangn dan APBD yang berhubungan dengan fungsi Anggaran.
    3. Peningkatan Sumber daya Aparat Sekretariat DPRD
    4. Peningkatan kualitas pengelolaan penyusunan laporan pertanggung jawaban dan evaluasi pelaporan
    5. Program penataan Struktur Kelembagaan dan Ketata Usahaan Set. DPRD
    6. Peningkatan pelayanan Administrasi dan Tata Laksana Rumah Tangga dan Keuangan DPRD.
    7. Peningkatan pelayanan pengelolaan adminstrasi umum dan kepegawaian
    1. Pengadaan Sarana dan Prasarana Kantor Sekretariat DPRD
    2. Pengumpulan data dan informasi kegiatan DPRD
    3. Menyelenggarakan administrasi Perjalanan Dinas Anggota DPRD dan Staf Sekretariat DPRD
    4. Menyiapkan dan memfasilitasi Kebutuhan kegiatan Rapat-rapat DPRD
    5. Membuat pedoman umum pelaksanaan pengawasan kebijakan daerah dan APBD maupun bahan-bahan pembahasan Anggota DPRD.

    C.  K e g i a t a n

    Kegiatan Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana berdasarkan Program Operasionalnya adalah ditetapkan berdasarkan tugas dan fungsinya, adapun rincian kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2012 adalah sebagai berikut :

    1. Pelayanan Administrasi Kantor Sekretariat DPRD

    1)   Penyediaan Jasa Surat menyurat

    • Pengadaan bahan habis pakai kantor
    • Pengadaan jasa kantor

    2)   Penyediaan Jasa Komunikasi Sumber daya air dan listrik

    • Belanja bahan pakai habis
    • Belanja bahan jasa kantor

    3)   Penyediaan Jasa Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Anggota DPRD

    • Pengadaan Premi Asuransi

     

    4)   Penyediaan Jasa Perizinan kendaraan dinas/Operasional

    • Pengadaan surat tanda nomor Kendaraan

     

    5)   Penyediaan Jasa Adm Keuangan

    • Honorarium PNS
    • Honorarium Non PNS

     

    6)   Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor

    • Pengadaan bahan pakai habis

     

    7)   Penyediaan Jasa Perbaikan peralatan kantor

    • Pengadaan perawatan alat kantor dan RT

     

    8)   Penyediaan alat tulis kantor

    • Pengadaan bahan pakai habis

     

    9)   Penyediaan barang cetakan dan penggandaan

    • Belanja Cetak
    • Belanja Penggandaan

     

    10)Penyediaan Komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor

    • Pengadaan bahan pakai habis

     

    11)Penyediaan bahan bacaan & Peraturan Perundang-undangan

    • Pengadaan Jasa kantor
    • Pengadaan Iklan
    • Belanja Parlementaria
    • Pengadaan Buku/Kepustakaan

     

     

    12)Penyediaan makanan dan minuman

    • Rapat Sekretariat DPRD
    • Rapat Anggota DPRD
    • Makan minum tamu

    13)Rapat-rapat koordinasi & Konsultasi keluar daerah

    • Perjalanan Dinas Dalam daerah
    • Perjalanan Dinas Luar daerah

    14)Rapat-Rapat ASDEKSI

    • Perjalanan Dinas Luar daerah

    15)Penyediaan jasa tenaga Adm/tehnis perkantoran

    • Honorarium non PNS
    • Uang Lembur

     

    1. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

    1)   Pengadaan kendaraan dinas/operasional

    • Pengadaan alat-alat angkutan darat bermotor

    2)   Pengadaan Perlengkapan Rumah Jabatan Ketua DPRD

    • Pengadaan Bahan pakai habis
    • Perawatan kendaraan bermotor
    • Makan Minum
    • Pemeliharaan Gedung/kantor
    • Pengadaan penghias ruangan rumah tangga
    • Pengadaan penataan halaman, taman & sarana olahraga

    3)   Pengadaan  Perlengkapan kantor

    • Pengadaan Instalasi/Jaringan Website
    • Pengadaan computer PC
    • Pengadaan Mebeuler kantor
    • Pengadaan Mesin Foto copy

    4)   Penyediaan Jasa Sewa Rumah

    • Sewa Rumah Jabatan Sekretaris DPRD

    5)   Pemeliharaan rutin /berkala gedung kantor

    • Pengecetan gedung tempat kerja
    • Perbaikan Pintu

    6)   Penataan Halaman & Taman Kantor

     

    7)   Pengadaan Konstruksi bangunan

    • Pengadaan Gedung DPRD
    • Pengadaan Ruang Musholah

    8)   Perbaikan Instalasi Listrik

    • Jasa Perbaikan Instalasi Listrik

    9)   Penyediaan Jasa Pemeliharaan Kendaraan Dinas/Oprs

    • Perawatan kendaraan bermotor

     

    1. Peningkatan Disiplin Aparatur

    1)   Pengadaan Pakaian dinas beserta perlengkapannya

    2)   Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu

     

    1. Peningkatan Kapasitas Sumber daya Aparatur

    Bimtek Implementasi Peraturan Perundang-undangan

    • Kursus, Pelatihan, sosialisasi & bimtek PNS/non PNS (Kontribusi)

     

    1. Peningkatan dan pengembangan sistem pelaporan capaian kerja dan keuangan

    Penyusunan Pelaporan Keuangan akhir tahun

    • Honorarium Tim Penyusun Laporan Akhir tahun
    • Jasa Review & Evaluasi SPJ Tahun 2012

     

    1. Peningkatan Kapasitas Lembaga DPRD

    1)       Kegiatan Reses

    • Perjalanan Dinas dalam daerah

     

    2)       Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD

    • Belanja Kursus, Bimtek & KAD Pimpinan dan Anggota DPRD

     

    3)       Koordinasi dan konsultasi Kegiatan Pemerintahan & Kemasyarakat

    • Belanja Penunjang Kegiatan DPRD

     

    4)       Monitoring dan Evaluasi Proyek APBD

    • Perjalanan Dinas dalam daerah

     

    5)       Rapat-Rapat, Konsultasi dan Asistensi RAPBD

    • Perjalanan Dinas luar daerah

     

    6)       Investigasi, Sosialisasi, Kunker, Mengikuti Musrembang Tk.Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

    • Perjalanan Dinas dalam Daerah

     

    7)       Honorarium Staf Ahli DPRD Kab. Bombana.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    BAB  IV

    P E N U T U P

     

     

    Rencana Kerja (renja) Sekretariat DRPD Kabupaten Bombana Tahun Anggaran 2012 mengikuti amanat Undang-Undang nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta melalui Peraturan Pemeritah Nomor 21 tahun 2004 Tentang Penyusunan Rencana Kinerja dan Anggaran Kementrian Negara/Lembaga dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor SE/31/M.PAN/12/2004 tentang Penetapan Kinerja.

    Sedangkan instrumen pengukuran berdasarkannya berdasarkan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2012, yang merupakan turunan dari rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) atau Rencana Strategis Daerah (RENSTRA) dan Arah Kebijakan Umum APBD yang secara rinci dijabarkan kedalam Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) Tahun 2012.

    Sebagai mekanisme dari penyusunan RAPBD yang dapat diukur dan diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun, yang merupakan indikator keberhasilan pembangunan yang disebut Out Come Tahun 2012, dengan demikian maka dapat memberikan gambaran pengukuran yang berdasarkan pada rencana Strategis 5 Tahunan.

    Demikian  Rencana Kerja - Satuan Kerja  Perangkat Daerah (RENJA-SKPD) tahun Anggaran 2012 dan perkiraan Anggaran 2012 pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana.

     

    Terima kasih.

Agenda

Rapat Paripurna

Rabu, 16 Mei 2012

Rapat Kerja Gabungan Komisi

Senin, 21 Mei 2012

Rapat Masing-Masing Fraksi

Selasa, 22 Mei 2012

Rapat Gabungan Komisi

Rabu, 23 Mei 2012

Pengunjung Website :

1 Online

1 Hari ini

9 Kemaren

34 Minggu ini

1 Bulan ini

1389 Tahun ini